Tips Keselamatan Kerja di Kantor

cara mengatasi lingkungan kerja yang tidak aman
Source : Google Image

Jika dibandingkan dengan area kerja industri, nampaknya area kerja kantor terlihat seperti tempat yang aman untuk bekerja. Akan tetapi di kantor juga banyak terjadi kecelakaan yang serius. Tergelincir dan jatuh adalah salah satu penyebab yang paling umum dari kecelakaan di area kerja. Keselamatan kerja di kantor juga harus di perhatikan, dan berikut ini yaitu tips keselamatan kerja di kantor.

  • Perhatikanlah penghalang yang dapat mengakibatkan pekerja tersandung, semisal kabel. Kabel jangan lah ditempatkan di area yang sering dilewati.
  • Barang-barang pribadi harus disimpan ditempat khusus, dimana tidak akan ada yang menimpa seseorang atau karyawan.
  • Bersihkanlah tumpahan misalnya kopi ataupun air dengan cara yang benar. Apabila tempayan tidak dapat di ambil atau dibersihkan, maka segeralah pasang barikade dan tanda guna memperingatkan pada karyawan untuk tidak melewati area itu. Lantai yang basah dan belum dibersihkan juga mesti diblokir dan ditandai dengan tanda peringatan.
  • Saat isi lemari file janganlah mengisi dari bawah ke atas. Jangan mengisi dari atas terlebih dahulu, sebab lemari tidak seimbang dan akan terjatuh menerpa karyawan, kecelakaan itu sudah pernah terjadi dan diberitakan.
  • Pergunakanlah teknik mengangkat yang aman, jika tak dilakukan dengan aman dapat menyebabkan cedera pada punggung. Saat hendak mengambil barang yang berat, gunakanlah kekuatan kaki, bukan kekuatan punggung saat mengangkatnya.
  • Alat-alat tajam semisal gunting, pisau kertas, dan alat tajam yang lain ditempatkan terpisah guna mencegah terjadinya luka sayat ataupun luka tusukan.
  • Berhati-hatilah pada bahaya listrik yang dapat mengakibatkan kebakaran. Periksalah pada setiap kabel. Perbaiki jika ada kabel yang rusak ataupun sobek, perbaikan listrik harus dilakukan hanya oleh seorang teknisi yang sesuai.
  • Janganlah membebani sirkuit listrik. Kabel ekstensi yang dimaksudkan untuk digunakan hanya sementara, jadi pastikan daerah yang ada kabel memadai untuk semua peralatan elektronik seperti komputer, mesin fotokopi dan printer. Breakers harus dipasang untuk mengamankan kelebihan beban.
  • Jangan memakai perancah darurat misalnya kursi skor yang diletakkan diatas meja pada saat akan meraih sesuatu yang ada diatas kepala yang susah dijangkau atau diraih. Gunakanlah tangga agar lebih aman.
  • Cedera tangan karena gerakan yang berulang-ulang yaitu hal yang umum di kantor. Pada saat melakukan pekerjaan semisal keyboard computer, menjaga tangan dan pergelangan tangan supaya lurus dan santai. Beraihlah sedikit saat ke tugas lain guna memberikan tangan untuk beristirahat.