Faktor Penting Sebelum Membeli Sepatu Safety

tips memilih sepatu safety
Source : Google Image

Saat kita mendengar ada toko yang jual sepatu safety murah maka tentunya kita akan segera tergiur. Hal semacam ini pastinya tak dapat dipisahkan dari kenyataan kalau sepatu safety biasanya mempunyai harga yang relatif mahal. Harga sepatu safety yang mahal karena material dan desainnya yang memang diperuntukkan untuk memberi proteksi optimal saat digunakan. Manfaat proteksi ini benar-benar penting terlebih untuk para pekerja di lapangan yang selalu bertemu dengan resiko kecelakaan.

Membeli sepatu safety tentunya tak bisa hanya didasarkan pada tawaran harga yang murah. Yang dibutuhkan yaitu sepatu yang dapat meminimalisir resiko terjadinya cidera akibat kecelakaan. Lalu aspek apa saja yang perlu di perhatikan sebelum membeli sepatu safety? Yuk kita simak :

Adanya Perlindungan pada Jari Kaki (Toe Cap)

Salah satu ciri paling utama sepatu safety yaitu dilengkapi dengan besi baja pada bagian sisi depan atau sisi jari sepatu. Walau terdiri dari material besi baja tetapi tidak akan memberi kesulitan untuk pemakai dalam penggunaannya. Ada penambahan material ini begitu dibutuhkan dan begitu penting mengingat semakin besar kecelakaan kerja di bagian kaki yang mengenai bagian jari-jari kaki.

Sol Rubber

Sol sepatu safety sebaiknya terbuat dari bahan khusus. Biasanya, material sol akan terbagi dalam sol alami yang padat. Oleh karena itu sol rubber adalah sol murni dari karet yang padat berikut maka bagian sol sepatu akan menjadi kuat dan keras. Sol yang kuat dengan sendirinya bakal memberikan perlindungan maksimal untuk beberapa pekerja yang terbiasa berkerja di tempat lapangan yang banyak benda tajam, suhu ekstrim.

Untuk beberapa pekerja yang bergelut dengan suhu ekstrim sebaiknya menggunakan sol rubber adalah pilihan yang tepat. Demikian juga dengan para pekerja yang lebih sering berhadapan dengan aktifitas luar memakai sol rubber adalah merupakan pilihan yang briliant.

Sol Polyurethane

Sol ini mempunyai bentuk yang lebih empuk sehingga akan sangat pas untuk dipakai beberapa pekerja yang bergelut di bagian kerja yang tidaklah terlalu berat. Sol dengan bahan polyurethane akan sangat cocok untuk dipakai oleh pekerja gudang di mana jarang ada bahan-bahan tajam maupun tempat kerja yang bersuhu tinggi.

Walau demikian, sol berbahan polyurethane yang lebih empuk masih dapat digunakan di tempat kerja yang berat. Tentunya sol ini harus mendapatkan tambahan mid sol yang terbuat dari material baja. Material baja ini harus ditambahkan untuk meminimalkan resiko kaki terkena tusukan benda tajam.

Untuk beberapa pekerja yang bergelut di bagian kerja yang banyak melibatkan beberapa bahan kimia akan memerlukan jenis sol yang sama. Sol dengan kombinasi bahan kimia sintetis yaitu bahan sol yang pas untuk tempat kerja yang behadapan dengan bahan kimia.

Kedua sisi di atas haruslah menjadi pertimbangan penting selain dari sisi harga. Hal semacam ini karena penggunaan sepatu safety yang memang seharusnya diperuntukkan untuk memberikan perlindungan maksimal pada kaki saat bekerja. Sebelum memilih sepatu safety, kenali dahulu medan kerja Anda.