Cara Mengobati Cantengan Pada Kuku atau Jempol Kaki

cara mengobati cantengan
Image: wikihow.com

Cantengan yaitu kondisi dimana sisi segi kuku tumbuh masuk ke bagian kulit di sekitarnya. Walaupun tampak sepele, cantengan bisa sangat menyakitkan apabila tidak dilakukan penanganan melalui cara yang benar.

Cantengan biasanya terjadi dikarenakan pemakaian sepatu atau kaus kaki yang ketat, kurangnya perlindungan kebersihan kaki, kebiasaan menendang (dengan kaki), kelainan bentuk kuku atau pemotongan kuku yang tidak benar.

Kuku cantengan yang menyebabkan peradangan diimbangi dengan tanda seperti kemerah-merahan, pembekakan dan rasa nyeri yang tidak tertahankan. Oleh karena itu, mereka yang memiliki kuku cantengan tentu anti sekali untuk memakai sepatu atau kaus kaki karena rasa sakitnya akan menjadi lebih luar biasa.

Perlakuan tidak pas dapat menyebabkan nanah yang disebabkan infeksi terbentuk sangat dalam dibawah kulit, sampai dapat mengakibatkan rasa sakit yang lebih kronis lagi dan komplikasi berlanjut.

Apabila Anda ke rumah sakit, dokter pertama kalinya akan berikan resep antibiotic pada Anda. Apabila tidak mengalami kesembuhan setelah meminum obat, Anda harus melakukan operasi untuk pengangkatan penuh atau sebagian dari kuku Anda.

Namun, seringkali pengobatan konvensional tidak selamanya berhasil, bahkan setelah operasi permasalahan yang sama mungkin saja dapat kambuh lagi setelah beberapa waktu. Oleh karena itu, secepatnya setelah Anda melihat ada tanda-tanda awal kuku cantengan itu, segera oleskan gel lidah buaya pada daerah kuku yang terkena cantengan.

Prosedurnya cukup sederhana: cari satu wadah (tutup) plastik yang memiliki ukuran pas dengan daerah kuku Anda yang cantengan. Wadah itu lalu diisi jel lidah buaya dan gunakanlah untuk membungkus ruangan kuku yang cantengan.

Manfaatkan kaus kaki untuk perlindungan kedudukan tutup plastik agar tidak mudah jatuh. Biarkan jel lidah buaya melekat atau meresap sedikitnya selama 12 jam di jari kuku Anda. Ulangilah prosedur itu sehari-hari sampai infeksi benar-benar hilang atau sembuh.

Jel lidah buaya memiliki kandungan bahan antiseptik, anti peradangan, anti bakterial agent alami yang memiliki kemampuan untuk kurangi rasa sakit, melembabkan, dan menghaluskan kulit. untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda harus teratur lakukan perawatan dengan jel lidah buaya itu setiap hari. Selamat Mencoba!