Hal-hal Yang harus di Persiapan Sebelum Mendaki Gunung

persiapan mendaki gunung
Source : Google Image

Mendaki gunung adalah olahraga tanpa gelar juara, melibatkan biaya yang tidak sedikit dan resiko besar. Mulai dari Hipotermia, kelelahan, serangan jantung, jatuh ke jurang hingga kekurangan oksigen bisa menimpa setiap saat bagi para pendaki jika tanpa persiapan sejak dini dari sebelum melakukan pendakian. Bahkan seorang pendaki yang berpengalaman pun bisa tidak luput dari kendala – kendala di atas apabila dengan persiapan tidak matang. Maka lakukan ini sebelum mendaki gunung.

1Lokasi

Sebelum memulai pendakian Anda disarankan mengecek dahulu lokasi pendakian dan mengetahui track pendakian. Apakah keadaan gunung saat itu dalam kondisi baik untuk didaki atau kondisi gunung siaga satu dan tidak layak untuk didaki. Mengecek track pendakian bisa melalui internet atau pun bertanya kepada teman yang sudah hafal track pendakian. Hal ini dilakukan agar kita siap menghadapi track yang akan kita lalui nanti.

2Stamina

Olahraga sebelum memulai pendakian sangat penting untuk dilakukan karena biasanya untuk mendaki gunung dibutuhkan stamina yang kuat. Medan yang tidak biasa, semakin tinggi lokasi, semakin tipis oksigen yang tersedia untuk mendaki gunung. Hal ini jelas membutuhkan fisik yang sehat dan kuat.

3Barang Bawaan

Pilih barang apa saja yang penting untuk dibawa ketika naik gunung, misalnya makan-makanan dan obat-obatan. Membawa barang yang tidak perlu di gunung, hanya akan menambah beban tas dan bisa menghambat pendakian.

4Sleeping Bag

Bawalah tenda dan sarung tidur (sleeping bag). Sleeping bag mampu menutupi seluruh tubuh dengan baik, kecuali bagian kepala atau muka. Dengan membawa perlengkapan ini Anda akan terhindar dari hawa dingin yang menusuk saat tidur.

5Pakaian Penghangat Tubuh

Jaket atau pakaian hangat yang berbahan katun atau wol adalah pilihan baik untuk mendaki gunung. Ingat jangan membawa jaket atau pakaian yang berbahan jeans karena bahan ini memang nampak kuat dan praktis, tetapi sulit sekali kering apabila basah.

6Menggunakan Sepatu Safety

Sepasang Sepatu Safety sangat tepat untuk perlindungan kaki saat pendakian. Jangan memilih Sepatu Tracking yang mudah tergelincir, karena solnya terbuat dari kulit. Sepatu Tracking, Sepatu Hiking atau Sepatu Safety yang banyak di jual di toko sepatu merupakan pilihan yang baik untuk mendaki gunung.

7Jas Hujan

Jas hujan sangat diperlukan untuk mengantisipasi jika turun hujan saat pendakian. Sebab seringkali cuaca di gunung kurang bersahabat dan turun hujan yang cukup lebat.

8Fisik dan Mental

Perhatikan kesiapan mental Anda sedang fit atau tidak untuk melakukan pendakian dan perhatikan kesiapan fisik Anda. Setelah semua persiapan dilakukan, Anda siap melakukan pendakian.