Panduan Keselamatan Kerja Area Pengelasan

Keselamatan Kerja Pengelasan
Source : Google Image

Tiap kali dilakukan pelaksanaan pengelasan ditempat kerja, perlu diperhatikan tingkat keselamatannya. Untuk itulah memahami bagaimana keselamatan kerja dalam pengelasan itu menjadi sangat penting. Sebab pelaksanaan pengelasan ini menghasilkan asap dan partikel yang bisa beresiko untuk pekerja. Dalam artikel ini dibahas bagaimana caranya untuk mengurangi tingkat paparan asap dan partikel sehingga pengelasan yang aman bisa terwujud.

Langkah Awal Pengelasan yang Aman

Salah satu langkah pertama yang wajib dilakukan dalam menciptakan keselamatan kerja pengelasan yaitu dengan memastikan ventilasi atau sistem pembuangan yang efektif untuk melindungi dari paparan asap dan partikel yang bisa mengakibatkan terjadinya penyakit atau ketidaknyamanan saat bekerja.

Pekerjaan welding atau pengelasan sendiri merupakan pekerjaan yang sering dilakukan di bidang manufaktur atau konstruksi. Karenanya, perusahaan ataupun pekerja sangat penting untuk memahami bahaya apa saja yang melekat dari pekerjaaan mengelas ini. Dengan begitu, baik perusahaan ataupun pekerja bisa memberi proteksi agar pekerjaan mengelas selalu berlangsung dengan aman.

Salah satu bahaya dari pelaksanaan mengelas yaitu terkena paparan asap ataupun partikel. Untuk itulah penting agar ada ventilasi atau sistem pembuangan yang efektif agar asap dan partikel yang dihasilkan tidak sampai membahayakan pengelas. Selain itu, pekerja perlu memakai respirator yang bisa membantu mengurangi tingkat terkena paparan asap.

Respirator yaitu salah satu Alat Pelindung Diri (APD) yang wajib digunakan pekerja saat mengelas. Terlebih bila tempat pekerjaaan mengelas belum memiliki sistem ventilasi yang baik. Dan walaupun tempat pengelasan sudah terdapat ventilasi yang ideal, baiknya pekerja tetap memakai respirator. Sebab ventilasi yang ada tidak bisa untuk menghilangkan semua bahaya dari paparan itu.

Pemilihan repirator yang tepat juga sangat penting. Anda bisa pilih respirator sesuai dengan pekerjaan yang dilakukan. Bila asap yang keluar masuk kategori beracun, maka respirator yang perlu digunakan yaitu yang dilengkapi dengan penyuplai udara (Supplied Air Respirator System).

Peran Perusahaan dalam Menciptakan Pekerjaan Pengelasan yang Aman

Tidak hanya dengan menyediakan respirator yang baik, pihak perusahaan juga perlu untuk menguji tingkat racun dari asap yang dihasilkan selama proses pengelasan. Hal semacam ini sangat penting. Sebab sering kali asap beracun dari pekerjaan welding ini tidak berbau atau berwarna. Karena tidak kasat mata itu lalu sering kali pekerja menjadi abai untuk waspada.

Karenanya, perusahaan perlu melakukan pengujian tingkat toksisitas asap las dengan menggunakan alat pengujian. Dengan begitu, kandungan bahaya ini bisa dideteksi sejak awal. Hingga tak perlu terjadi kasus misalnya tukang las yang mengalami kelebihan terpapar asap.

Perusahaan bisa menguji tingkat kontaminan di udara dengan cara meletakkan pompa sampling udara di daerah pengelasan. Lalu pompa ini akan mengambil sampel untuk kemudian dievaluasi di laboratorium agar diketahui tingkat kontaminan ditempat pengelasan.

Baru setelah diketahui tingkat kontaminan polusi udara, perusahaan bisa menetapkan sistem ventilasi yang paling efektif untuk mengurangi tingkat paparan ini. Pasti ini sangat tergantung dari area pekerjaaan pengelasan juga.

Bila pekerjaan welding dilakukan diluar ruangan, misalnya di galangan kapal, bisa ditaruh selang penghisap asap yang bisa menjadi saluran untuk membuang asap keluar dari area pekerjaan. Atau bisa pula dengan menggunakan selang pembuangan lokal yang bisa lebih memudahkan untuk tukang las. Sementara bila pelaksanaan dilakukan didalam ruangan, sistem pembuangan asap portabel bisa jadi pilihannya.

Apapun jenis saluran pembuangan asap yang diperlukan pasti tergantung dari situasi dan kondisi di lapangan. Namun tetap ini harus ada agar keselamatan dan kesehatan pekerja lebih terjamin.

Dengan demikian, bisa disimpulkan berikut ini yang perlu dilakukan untuk menciptakan keselamatan kerja pengelasan yaitu :

  1. Menguji tingkat racun asap hasil pengelasan
  2. Pemasangan ventilasi atau saluran pembuangan yang tepat
  3. Pekerja memakai respirator yang sesuai.

Pekerjaaan pengelasan tidak bisa dianggap remeh. Pekerjaan ini termasuk yang berkategori beresiko. Oleh karena itu sudah menjadi kewajiban perusahaan dan pekerja untuk membuat lingkungan pengelasan yang aman dan sehat. Jangan pertaruhkan kesehatan pekerja hanya karena misalnya kita ingin menyelesaikan pekerjaan lebih cepat atau karena terlalu malas untuk mengikuti cara pencegahan agar tidak terpapar asap dan partikel hasil pengelasan.