Panduan Meningkatkan Keamanan di Atas Kapal

Source : Google Image

Sebuah kapal di pelabuhan dan kapal dilaut hampir sama beresiko dengan ancaman bajak laut. Beberapa langkah sudah diambil untuk untuk meningkatkan keamanan kapal baik dipelabuhan ataupun di laut.

Hanya melalui struktur terorganisir dan kooperatif antara port (Port Facility Security Officer-PFSO) dan perusahaan pelayaran (Keamanan Kapal Dan Perusahaan Petudas Keamanan), dapat meningkatkan keamanan.

Bila anda yaitu bagian dari crew kapal (Tidak peduli department apa pun) itu merupakan tugas anda untuk mengambil semua langkah yang diperlukan untuk melindungi keamanan kapal dan awaknya, Memiliki sifat yang benar dapat menyelamatkan kapal dan awaknya dari semua masalah yang tidak dikehendaki.

Dijelaskan berikut ini ada sepuluh cara untuk meningkatkan keamanan anda.

1Be Vigilant – Always :

Semua anggota awak kapal (on atau off duty) harus selalu siaga setiap saat, Peringatan kepada crew dapat membasmi masalah sebelum situasi darurat terjadi.

2Guar The Gate :

Harus selalu ada petugas jaga ketika kapal berada di pelabuhan, Pastikan kalau gang benar dijaga dan tak ada yang masuk kapal tanpa ID pemeriksaan atau otorisasi dari kapten kapal. Juga perlu mencermati catatan masuk dan keluar dari pengunjung.

3Ask And Interrogate :

Bila anda melihat pengunjung tanpa kartu ID atau menemukan orang asing, Jangan ragu untuk bertanya dan mengintoregasinya untuk identitasnya. Memastikan bahwa semua entri dalam kapal berwenang merupakan langkah pertama menuju meningkatkan keamanan kapal.

4Know Your Duties Well :

Setiap anggota awak diatas kapal sudah ditetapkan dengan tugas tertentu untuk setiap tingkat keamanan. Dia/Dia harus tahu tugas yang terdaftar dan bagian bagiannya dan harus mengerjakannya dengan efesien.

5Continuous Monitoring :

Memonitor daerah terlarang kapal pada interval waktu yang teratur untuk memastikan tak ada orang telah memasuki tanpa izin, Juga memastikan kalau hanya satu titik masuk yang tersedia untuk area akomodasi kapal dan harus selalu di jaga sepanjang waktu.

6Supervising Cargo Operation :

Hal semacam ini sangat penting untuk petugas kapal untuk tahu kargo yang sedang di muat bersama dengan keberadaannya, Beberapa kasus penumpang gelap telah tercatat di masa lalu selam operasi kargo di kapal.

7Equipment Availability :

Pastkan kalau alat-alat keamanan dan perlengkapan komunikasi yang tersedia dan berada dalam kondisi kerja yang tepat.

8Update Your Knowledge :

Pengetahuan mengenai beberapa isu terbaru seperti beragam alasan ancaman keamanan, Deteksi Zat berbahaya, Perangkat yang tidak sah dan efeknya ialah faktor penting dari sistem keamanan kapal, Hal semacam ini dapat dicapai dengan menyediakan update pelatihan dan sastra teratur untuk awak kapal.

9Identify The Weaknesses :

Setiap sistem memiliki kelemahan apabila tidak diidentifikasi dalam step awal dapat mengakibatkan situasi berbahaya. Survy rencana keamanan anda, kinerja crew, perlengkapan keamanan, tugas keamanan kapal petugas dan lain-lain dan bertahap setiap lubang lingkaran dari mereka.

10Regular Drills :

Terakhir tetapi tidak sedikit, Pelaut harus tahu bagaimana menangani kondisi darurat. Untuk memastikan semua poin di atas diikuti, latihan keamanan reguler dan pertemuan keselamatan harus di atur oleh anggota awak kapal.