Panduan Inspeksi dan Perawatan Pelindung Pendengaran

Source : Google Image

Paparan kebisingan ditempat kerja mungkin tak dapat dihindari, tetapi resiko gangguan pendengaran bisa Anda cegah secara maksimal. Selain pengendalian teknik di sumber suara, pemakaian pelindung pendengaran saat bekerja dengan paparan kebisingan tinggi juga adalah upaya mencegah yang penting dikerjakan.

Untuk meminimalkan resiko, beberapa pekerja harus memakai pelindung pendengaran saat bekerja di lingkungan yang mengandung paparan kebisingan melebihi 85 dB. Anda dapat memakai earplug atau earmuff yang mempunyai nilai NRR (Noise Reduction Rate) sesuai sama nilai kebisingan di area kerja.

Tetapi butuh Anda mengerti, walau earplug atau earmuff bisa memberikan perlindungan dari paparan kebisingan, efektivitasnya akan menyusut jika alat itu tak terpasang secara fit/tepat atau nyatanya pelindung pendengaran yang Anda pakai telah masuk saat penggantian hingga manfaatnya sebagai alat perlindungan kurang demikian maksimal.

Tahukah Anda earplug atau earmuff mempunyai masa pakai atau penggantian? Tiap-tiap earplug atau earmuff mempunyai masa pergantian yang berbeda tergantung macamnya. Berikut hal yang jarang diketahui pekerja atau pekerja sudah mengetahui tetapi kerap mengabaikannya.

Untuk tahu masa penggantian earplug atau earmuff, petugas yang kompeten harus melakukan kontrol alat pelindung pendengaran secara berkala. Pasalnya, frekwensi pemakaian, durasi dan tingginya paparan akan merubah performa pelindung pendengaran dalam menahan efek bahaya.

Seperti alat pelindung diri (APD) lain, pelindung pendengaran juga butuh memperoleh perawatan khusus dan inspeksi rutin. Tujuannya supaya performa earplug atau earmuff dalam melindungi telinga dari resiko masalah pendengaran atau bahaya yang lain bisa berfungsi optimal serta untuk mengidentifikasi kapan sebaiknya pelindung pendengaran butuh dikerjakan pergantian.

Inspeksi dan Perawatan Pelindung Pendengaran, Bagaimana Melakukannya?

Apa yang harus diketahui pekerja tentang inspeksi dan perawatan pelindung pendengaran? Sama seperti APD lainnya, pelindung pendengaran juga memiliki masa pakai yang lama-kelamaan akan mengalami kerusakan atau keausan dan tidak bisa bertahan selamanya. Untuk memastikan setiap pelindung pendengaran memberikan perlindungan maksimal, maka pemeriksaan dan perawatan rutin perlu dilakukan.

Inspeksi dan Perawatan Pelindung Pendengaran (Earplug dan Earmuff)

1Single-Use Earplug

Inspeksi

Dengan tangan yang bersih, lakukan pemeriksaan fisik pada earplug sebelum digunakan, periksa earplug dari kotoran, kerusakan, atau tingkat fleksibilitasnya.

Catatan: Ganti earplug jika terdapat kerusakan fisik, kotor, keras, atau tidak fleksibel.

Perawatan

Untuk mempertahankan standar kebersihan dan menjaga performa earplug, single-use earplug harus dibuang pada akhir shift kerja atau setelah Anda menggunakannya.

Masa pakai (penggantian)

Single-use earplug hanya untuk penggunaan sekali pakai. Buang earplug setelah digunakan.

2Multiple-Use Earplug

Inspeksi

  • Periksa kerusakan dan keausan secara teratur
  • Dengan tangan yang bersih, lakukan pengecekan fisik pada earplug sebelum digunakan
  • Periksa earplug dari kotoran, kerusakan, perubahan bentuk atau tingkat fleksibilitasnya.

Catatan : Untuk multiple-use earplug performanya akan berkurang bergantung jenis dan faktor lingkungan. Rubah earplug jika ada kerusakan fisik, kotor, mengeras atau melunak, mengalami perubahan bentuk atau tak fleksibel.

Perawatan

  • Multiple-use earplug atau reusable earplug bisa dicuci menggunakan sabun lembut dan air hangat
  • Hindari membersihkan earplug menggunakan alkohol, aseton, atau bahan kimia lainnya
  • Keringkan earplug menggunakan handuk dengan menekannya secara lembut dan perlahan
  • Simpan earplug didalam kotak khusus yang bersih dan kering jika tak digunakan.

Masa pakai (pergantian)

Dengan perawatan yang tepat, multiple-use earplug bisa bertahan selama 2-4 minggu.

3Banded Plug

Inspeksi

  • Periksa kerusakan dan keausan secara teratur
  • Dengan tangan yang bersih, lakukan pemeriksaan fisik pada earplug sebelum digunakan
  • Periksa earpods dari kotoran, kerusakan, atau tingkat fleksibilitasnya.

Catatan : Ganti earpods jika ada kerusakan fisik, kotor, keras, atau tidak fleksibel.

Perawatan

  • Cuci pods dan headband menggunakan sabun lembut dan air hangat.
  • Hindari membersihkan earpods menggunakan alkohol, aseton, atau bahan kimia yang lain.
  • Keringkan menggunakan handuk dengan menekannya dengan cara lembut dan perlahan-lahan.
  • Taruh earplug didalam kotak khusus yang bersih dan kering jika tidak digunakan.

Saat pakai (penggantian)

  • Banded earplug ideal digunakan untuk pemakaian secara berselang atau terputus-putus.
  • Ganti pods setiap 2-4 minggu untuk memastikan perlindungan dan kinerja earplug tetap optimal.

4Earmuff

Inspeksi

  • Periksa kerusakan dan keausan secara teratur
  • Periksa bantal telinga dari kerusakan, keausan, dan kelenturannya. Ganti bantal telinga bila terdapat kerusakan fisik atau tidak lentur lagi
  • Periksa unit headband dari kerusakan, keausan, dan kelonggaran. Ganti headband apabila sudah longgar sehingga penutup telinga tidak menempel sempurna.

Perawatan

  • Bersihkan earmuff dengan deterjen cair ringan, kemudian bilas dengan air hangat. Earmuff tidak mungkin dicelupkan ke dalam air ketika dibersihkan. Pastikan bahan peredam suara di dalam penutup telinga tidak basah.
  • Jangan gunakan alkohol atau bahan pelarut
  • Gunakan sikat halus untuk menghilangkan minyak dan kotoran yang dapat mengeraskan bahan penutup telinga.

Masa pakai (penggantian)

Performa bantalan earmuff (ear cushion dan foam insert) dapat menurun dari waktu ke waktu. Ganti komponen ini setiap 6-8 bulan untuk pemakaian normal, atau setiap 3-4 bulan untuk frekuensi penggunaan sering/ berlebih  atau penggunaan pada kondisi lingkungan dengan kelembaban tinggi atau cuaca ekstrem.

Agar fungsi pelindung pendengaran lebih maksimal, ikuti instruksi produsen saat melakukan pemeriksaan dan perawatan earplug atau earmuff. Pelindung pendengaran merupakan alat yang penting untuk melindungi pekerja dari paparan kebisingan. Jika kondisi pelindung pendengaran yang digunakan tidak layak dan hal itu tidak diketahui pekerja, kebisingan bisa merusak pendengaran mereka, baik sementara atau permanen. Lakukan panduan inspeksi dan perawatan earplug dan earmuff di atas untuk menjaga performanya tetap maksimal!