Kenapa Anda harus Menggunakan Safety Shoes?

manfaat menggunakan sepatu safety

Salah satu hal yang harus di perhatikan oleh seseorang yang bekerja dibagian konstruksi yaitu kesehatan dan keselamatan. Perusahaan harus memberikan pengetahuan pada semua pekerja mengenai keselamatan kerja sesuai dengan standard yang berlaku di negara tersebut.

Bentuk kepedulian perusahaan pada pegawainya pada keselamatan kerja salah satunya yaitu dengan memberi perlengkapan diri yang sesuai dengan standard SNI. Salah satu perlengkapan diri yang didapatkan yaitu sepatu keselamatan.

Berikut ini ada beberapa alasan mengapa para pekerja harus memakai Sepatu Safety:

1Kecelakaan pada kaki merupakan kecelakaan yang paling umum.

Kaki adalah bagian luar yang sering memiliki potensi terjadinya kecelakaan karena bersentuhan langsung dengan benda-benda asing misalnya pada saat berjalan ditempat kerja yang ada benda tajam.

Sepatu Safety dapat membuat perlindungan kaki pada pekerja pada benda tajam yang begitu membahayakan pekerja dan dapat menghalangi sistem kerja beberapa pekerja.

2Kecelakaan Tidak Terduga

Kecelakaan kerja dapat berlangsung saat itu juga misalnya pada saat membawa alat berat dan dengan cara mendadak alat yang dibawa itu terjatuh mengenai dan melukai kaki, oleh karena itu sangat perlu menggunakan sepatu safety.

Sepatu Safety memiliki kekuatan untuk menahan beban hingga 34 kg dari kejatuhan dengan tinggi 2, 7 m.

3Sepatu Safety begitu nyaman digunakan

Satu alasan mengapa harus memakai sepatu safety yakni kenyamanannya saat digunakan. Sama halnya dengan benda yang lain, kenyamanan pada sepatu safety harus selalu di perhatikan, yaitu dengan memilih ukuran sepatu yang cocok dan upayakan pilih sepatu safety yang menutupi mata kaki.

4Menggunakan Sepatu Safety Adala Wajib

Jika pegawai tidak memakai sepatu safety maka perusahaan yang ada dibawah OSHAS akan dikenai sanksi. OSHAS sendiri yaitu Occupational Safety & Health Administration Standard yang disebut standard yang diikuti oleh beberapa perusahaan dalam melindungi keselamatan beberapa pekerjanya.

5Teman Pelindung

Selain membuat perlindungan kaki pada benda jatuh dari ketinggian, sepatu safety juga bermanfaat membuat perlindungan kaki pada kecelakaan yang lain, misalnya membuat perlindungan kaki pada kecelakaan yang disebabkan terpeleset, terbakar dan terjatuh.

Di bagian sepatu safety ada besi yang bermanfaat membuat perlindungan kaki bila terjadi kecelakaan misalnya terlindas.

6Menambah Percaya Diri

Sepatu Safety dapat memberikan rasa percaya diri. Beberapa pekerja tidak akan merasa takut bila terjadi kecelakaan pada kakinya karena sudah menggunakan Sepatu safety. Akan tetapi harus tetap siaga atau waspada.

7Sepatu Safety begitu fashionable

Saat ini sangat banyak perusahaan sepatu safety yang memberi penawaran macam bentuk dan warna. Pekerja dapat memilih sesuai dengan seleranya masing-masing, akan tetapi poin paling penting yang harus di perhatikan yaitu sepatu itu harus sesuai dengan standard.

Meskipun banyak type sepatu safety yang beredar, pastikan memilih sepatu safety yang sesuai dengan keperluan kerja. Ada banyak sepatu safety khusus untuk digunakan di ruang kerja tertentu.

Itulah beberapa manfaat menggunakan sepatu safety, Hanya diri sendiri yang dapat menyelamatkan diri dengan cara mencegahnya. Ingatlah pada keluarga dirumah. Jangan sesekali meremehkan keselamatan, sangat disayangkan sekali apabila karena tidak menggunakan Sepatu Safety Anda harus kehilangan kaki dan tidak dapat bekerja lagi.

Semoga artikel ini dapat berguna untuk Anda. Mulailah melengkapi alat keselamatan kerja Anda untuk menunjang pekerjaan dan keselamatan Anda.